Tebing Tinggi (Humas). Seluruh siswa, guru dan tenaga kependidikan Madrasah Aliyah Negeri Kota Tebing Tinggi dengan hikmat melakukan upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 dengan memakai sarung dan peci hitam khas santri Indonesia di lapangan utama MAN Tebing Tinggi, Sabtu (22/10).

Meski sempat diundur hingga pukul 08.00 akibat gerimis, para siswa, guru dan tenaga kependidikan MAN Tebing Tinggi tetap semangat dan antusias untuk melaksanakan upacara Hari Santri. Berbeda dengan upacara pada umumnya, rangkaian upacara peringatan hari santri ini mengagendakan pembacaan ikrar siswa dan menyanyikan mars santri. 

Sempat terjadi insiden kecil sesaat pasukan pengibar bendera hendak memasang bendera. Sambungan tali bawah terlepas. Beruntung, salah seorang guru tanpa menghiraukan penampilannya yang mengenakan sarung dengan sigap memanjat dan meraih sambungan tali atas yang nyangkut pada tiang tengah sehingga upacara pun terus berlanjut.

Dalam upacara peringatan yang mengusung tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”, Kepala MAN Tebing Tinggi berkesempatan membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia. Isi sambutan menteri agama selain menceritakan latar belakang penetapan 22 Oktober sebagai hari santri yang merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad”, juga berisi pesan moral agar santri senantiasa mengedepankan nilai-nilai agama dalam perilakunya serta menjaga martabat kemanusiaan sebagai esensi ajaran agama. Di akhir sambutan, selepas mengepalkan tangan dan mengucapkan yel – yel hari santri, Syamsuddin, S. Pd.I., M. Sos. menghimbau agar siswa MAN tebing Tinggi meneladani pola – pola kehidupan santri.

“Mari ananda kita contoh pola-pola kehidupan santri. Mereka dengan keterbatasan yang ada dan jauh dari orang tua tetap semangat menimba ilmu agama dan mewujudkan cita – citanya. Sementara ananda yang hidup dekat orang tua semestinya harus lebih giat dalam belajar demi menggapai masa depan yang cerah”, tutupnya.  (SH).

By webman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *