Tebing Tinggi (Humas). Kantor Kementerian Agama Kota Tebing Tinggi menggelar upacara Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Ke-75 Tahun 2021, Selasa (5/1) bertempat di MAN Tebing Tinggi. Walikota Tebing Tinggi, Ir. Umar Zunaidi Hasibuan, MM bertindak selaku Inspektur Upacara.

Upacara diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Tebing Tinggi, serta dihadiri oleh Kadis Pendidikan Kota Tebing Tinggi, Kepala Badan Kesbangpollinmas, Danramil 13/TT, Camat Padang Hilir, Kapolsek Padang Hilir, serta DWP Kemenag Kota Tebing Tinggi.

Dalam amanatnya, Walikota Tebing Tinggi membacakan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang menyampaikan bahwa tema “Indonesia Rukun yang diusung pada Peringatan Hari Amal Bhakti tahun ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Selanjutnya, Menteri Agama juga menyampaikan bahwa Pancasila adalah ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai keindonesiaan sebagai bangsa yang beragama. Sila pertama dan utama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, meneguhkan identitas nasional sebagai bangsa yang beragama dan bermoral. Bangsa Indonesia, dari generasi ke generasi harus bisa menjaga komitmen nasional tentang landasan bernegara di tengah dahsyatnya percaturan global di bidang geopolitik, ekonomi, kebudayaan, ilmu pengetahuan, teknologi dan lain-lain.

Di dalam amanat yang dibacakan, Menteri Agama juga mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama yang dapat diterjemahkan ke dalam 3 (tiga) kata kunci yaitu manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, penguatan moderasi beragama, dan persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Terakhir, Menteri Agama mengajak seluruh elemen Kementerian Agama untuk mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang serta menjadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara. Usai pelaksanana upacara, acara dilanjutkan dengan pemberian 6 (enam) buah Cover Buku kepada Walikota Tebing Tinggi yang merupakan hasil karya Kepala Kantor Kementerian Agama beserta para guru, bakti sosial dengan pemberian paket sembako kepada pramubhakti yang terkena dampak banjir serta pengumuman para pemenang perlombaan dalam rangka memeriahkan HAB Ke-75 Kementerian Agama.(dmk).

By webman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.